Cari Blog Ini

Daftar Isi

Rabu, 17 Agustus 2011

Fakta Dibalik Es Krim


     Es krim terbuat dari campuran susu, krim, gula, dan perasa. Menurut Ensiklopedia Encarta 2009, es krim awalnya berasal dari Cina, sekitar 2000 sebelum Masehi. Lalu, dipopulerkan di negara Italia pada akhir abad ke-17. Lalu, es krim dikenal di Amerika pada permulaan abad ke-18. Hingga sekarang, warga negara Amerika Serikat adalah pengonsumsi es krim terbesar di dunia!
Membuat Es Krim? Mudah!
Benar. Membuat es krim sangat mudah. Siapkan saja susu, krim, gula, dan perasa (flavoring). Setelah semuanya dicampur, dinginkan. Setelah bahan-bahan yang sudah dicampur itu membeku, tambahkan aneka “manik-manik”, seperti buah ceri, kacang, atau bahkan wafer coklat.

       Sekarang membuat es krim sudah mudah karena tersedianya mesin pembuat es krim. Tinggal masukkan bahan baku es krim, jalankan mesinnya, dalam beberapa menit, es krim siap disajikan.
Temannya Es Krim
Selain es krim, ada juga makanan yang mirip-mirip dengan es krim. Sherbet, misalnya. Sherbet dibuat dari sirup buah-buahan dan ditambahkan susu atau putih telur ke dalamnya. Ada juga spumoni, yaitu es krim dengan buah-buahan dan kacang. Es susu, yang sebagian besar komposisinya terbuat dari susu.
Banyak Rasa
       Apa rasa es krim kesukaanmu? Coklat, vanila, atau stroberi? Pernahkah kamu mencicipi es krim dengan rasa bawang atau teh hijau? Beberapa orang pernah mencobanya.
Cara pembuatannya sama dengan es krim biasa. Hanya pada akhirnya ditambahkan perasa yang diinginkan. Siapkah kamu membuat es krim dengan rasa unik?
      Manfaat Es Krim bagi Kesehatan
Banyak orang mengatakan bahwa banyak makan es krim bisa membuat gemuk. Pendapat itu salah. Justru dalam es krim terdapat banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.
Es krim coklat dapat memberikan ketenangan dan rasa rileks. Perasaan ini disebabkan oleh kafein. Kafein di dalam es krim tidak sebanyak dalam kopi. Es krim juga bisa membuat otot-otot yang tegang menjadi rileks.
Es krim juga mengandung kalsium. Kamu tahu kan manfaat kalsium? Benar! Kalsium dapat menguatkan tulang kita. Selain itu, kalsium dapat membuat merangsang otak bagian depan, sehingga orang yang mengonsumsi es krim merasa lebih nyaman dan tenang.
      Es krim dapat menjaga kesehatan jantung. Es krim coklat mengandung flavonoid yang berfungsi menghambat oksidasi LDL. Flavonoid juga berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.
Es krim dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Karena es krim mengandung zat yang namanya sitokin. Sitokin ini adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh.
     Nah, masih banyak manfaat es krim. Jangan takut untuk makan es krim. Tapi, setelah itu jangan lupa gosok gigi, supaya kuman tidak merusakkan gigimu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...